A Little Note Before My First Solo Trip Began

a-little-note-before-my-first-solo-trip-began

Antara senang dan deg deg-an karena akhirnya sebentar lagi saya akan memulai perjalanan solo pertama saya—salah satu impian yang sangat ingin sekali saya wujudkan. Meski hanya sebuah perjalanan sederhana, namun tetap saja saya berharap jika perjalanan ini nantinya akan menjadi bermakna.

Setelah melalui berbagai macam drama: Ada hari di mana saya sudah merelakan jika seandainya tidak dapat merealisasikan perjalanan solo pertama saya kali ini dan hanya pasrah mengikuti kehendak Tuhan dan Semesta, sampai akhirnya saya berhasil mengamankan dua buah tiket perjalanan pergi dan pulang di dalam kotak masuk surel (yang diwarnai dengan air mata, pikiran dan perasaan yang kalang kabut, hari-hari penuh kecemasan hanya untuk mendapatkan dua buah tiket tersebut).
“When you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it." 
-Paulo Coelho, The Alchemist-

Apapun itu, saya bersyukur, karena dengan keinginan yang kuat dan niat yang tulus, Tuhan dan Semesta benar-benar mendukung, membantu, dan mengabulkan mimpi dan langkah kecil saya ini—untuk menulis bab baru pada lembar buku kehidupan saya, yang siapa tahu nantinya akan mengubah keseluruhan isi cerita yang telah tertulis sebelumnya.

a-little-note-before-my-first-solo-trip-began

Bagi saya, perjalanan solo ini seperti sebuah pembuktian pada diri sendiri. Bagaimana saya bertarung dengan diri sendiri untuk meninggalkan kenyamanan dan mengumpulkan keberanian untuk menentukan kehidupan seperti apa yang saya ingin jalani. Dan saya jadi teringat tentang ungkapan yang ditulis oleh William Ernest Henley yang bunyinya seperti ini: "I'm the master of my fate. I'm the captain of my soul."

Tidak ada yang tahu masa depan akan seperti apa, tapi setidaknya kali ini, saya, dengan senang hati dan berani telah ikut memberi kontribusi kecil untuk menciptakannya—masa depan (dan kelak akan menjadi masa lalu) yang saya inginkan.

“The best way to predict the future is to create it." 
-Abraham Lincoln & Peter Drucker-

Saya berharap perjalanan solo pertama saya Senin depan akan berjalan lancar dan baik-baik saja. Dan berharap kalian juga akan memiliki pekan yang indah selagi saya pergi. Till we meet again! :)




PHOTO COURTESY OF WHAT OLIVIA DID

Comments