My Kind of Self Care Sunday

my-kind-of-self-care-sunday

Malam ini saya terpikir untuk menulis tentang bagaimana biasanya saya menyiapkan hari Minggu sebagai hari untuk melakukan ritual perawatan diri setelah menghadapi hari-hari kerja yang sibuk dan melelahkan, yang tak jarang membuat saya bahkan lupa untuk sekedar menyapa diri sendiri dan memberikan perhatian kecil padanya saking tergesa-gesa berkejaran dengan waktu.

  • Dengan sengaja saya akan bangun  terlambat, tidak ada alarm yang berdering, melewatkan pagi hari hanya dengan bermalas-malasan di atas tempat tidur tanpa ingin memikirkan tentang pekerjaan. Hanya bersenang-senang menggulir layar smartphone menjelajah ke manapun yang saya suka dan yang bisa memberikan energi positif di pagi itu sambil berkali-kali menarik selimut hingga menutupi badan, memenuhi kembali energi yang telah terkuras habis di hari-hari sebelumnya.
  • Memilah-milah daftar putar mana yang ingin saya dengarkan yang sekiranya pas dengan suasana hati, menemani aktivitas peregangan yang memang biasa saya lakukan sebelum beranjak dari tempat tidur. Mengawali hari dengan mendengarkan daftar putar favorit selalu bisa memberikan perasaan yang baik dan pikiran yang menenangkan.
  • Sebelum setengah hari berlalu, segera bergegas melakukan jogging 30 menit di atas treadmill masih dengan daftar putar yang mengiringi dari balik smartphone.
  • Dengan senang hati menyiapkan semangkuk besar mie instan kuah yang berisi banyak sayuran dan tambahan di dalamnya sebagai menu makan siang dan menghabiskannya seorang diri sambil menonton beberapa episode drama Korea atau variety show Korea.
  • Menjelang sore, duduk berjam-jam di depan laptop menyelesaikan satu draft tulisan yang ingin saya taruh ke dalam blog sambil ditemani segelas es kopi dan sepotong camilan manis yang bahkan sudah habis di sepuluh menit pertama.
  • Dan menutup hari dengan melakukan 10-step Korean skincare routine atau membaca buku yang sudah berminggu-minggu tergeletak di atas meja yang belum sempat terselesaikan sambil memasukkan beberapa sendok es krim ke dalam mulut.

Meski terdengar membosankan karena selalu mengulangnya di setiap minggu, namun  bisa menikmati sehari penuh di hari Minggu hanya untuk memanjakan diri sendiri dan melakukan hal-hal yang saya sukai, serta sejenak mengambil jeda di tengah-tengah perjalanan panjang saya, merupakan sesuatu yang benar-benar terasa sangat istimewa dan berharga, sebab seperti kembali memberikan cinta dan perhatian pada diri sendiri dan menjaganya agar tetap merasa baik-baik saja dalam menghadapi dunia. Dan meski tidak selalu bisa menikmati semua hari Minggu seperti itu, setidaknya saya selalu mencoba untuk tidak pernah melupakan diri sendiri di hari itu, walau hanya dengan melakukan satu atau dua ritual saja tentu itu akan tetap bisa membuat diri saya bahagia dan merasa cukup diperhatikan. Dan semoga sesibuk apapun kalian, demi diri sendiri, kalian juga tidak akan pernah lupa untuk berhenti sebentar di tengah perjalanan ya. Peluk cium!



PHOTO COURTESY OF WHAT OLIVIA DID

Comments