Coffee, Blanket, Reading: My Self Love Journey #4

coffee-blanket-reading-my-self-love-journey-4

"I finally dyed my hair!"

Setelah bertahun-tahun hanya membayangkan jika suatu hari saya akan memiliki rambut yang dicat, akhirnya terjadi juga—saya benar-benar mengecatnya. Betapa bahagianya diri saya ketika mendapatkan tampilan baru dengan rambut baru yang berwarna di depan cermin. Rasanya seperti tidak terhitung, tidak terbayangkan, dan sekadar kata-kata mungkin tidak cukup untuk menggambarkannya.

Dan hari ini, ketika melihat rambut saya yang bahkan sudah luntur dan yang tersisa hanyalah sisa warna bekas bleaching, saya tetap saja merasa bahagia dan bangga, tetap memandangi rambut saya dengan tatapan yang surreal dan kagum.

Saya masih ingat ketika dengan sengaja membuat satu postingan khusus di Instagram untuk merayakannya (setelah beberapa hari memendam perasaan menggebu-gebu di dalam dada), untuk mengapresiasi diri saya karena akhirnya berhasil mewarnai rambut—mewujudkan salah satu dari sekian banyak daftar impian yang sudah tercatat lama.

Mungkin bagi sebagian orang mewarnai rambut ketika saya memakai jilbab merupakan sesuatu yang terasa aneh dan samar-samar. Tapi bagi saya, mengenakan jilbab tidak akan pernah menjadi pembatas untuk saya melakukan perjalanan dalam mencintai diri sendiri. Saya menganggap mewarnai rambut sebagai sebuah bentuk self-love & self-care—memberikan sesuatu kepada diri sendiri yang membuatnya merasa bahagia, yang membuatnya menerima hadiah itu dengan hati yang menyala.

Saya bahagia dan puas walau hanya menikmati rambut saya yang berwarna itu sendirian, mengabadikannya seorang diri dan tidak ada seorang pun yang tahu. Sebab tidak semua yang kita lakukan adalah untuk orang lain. Kita juga perlu melakukan sesuatu untuk diri sendiri.

Dan saya tidak akan pernah lelah untuk mengatakan kepada saya dan juga kamu, "Put yourself first, love yourself first, and take care of yourself first." Karena kita akan selamanya tinggal dan bersahabat dengan diri kita, jadi jangan pernah lelah untuk merangkulnya dan menyenangkannya. ♥


PHOTO COURTESY OF WHAT OLIVIA DID

Comments